Manajemen Sumber Daya Manusia Penulis: Prof. Dr. Lijan Poltak Sinambela

 Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu pendekatan terhadap manajemen manusia yang ber Manajemen Sumber Daya Manusia Penulis: Prof. Dr. Lijan Poltak Sinambela

Detail Buku:

Judul: Manajemen Sumber Daya Manusia
Penulis: Prof. Dr. Lijan Poltak Sinambela
Penerbit: Bumi Aksara, 2016
ISBN: 978-602-217-935-1
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 642 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 3,37Mb


Deskripsi:

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu pendekatan terhadap manajemen manusia yang berdasarkan empat prinsip dasar. Pertama, sumber daya manusia adalah harta paling penting yang dimiliki oleh suatu organisasi, sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci bagi keberhasilan organisasi  tersebut. Kedua, keberhasilan ini sangat mungkin dicapai jika peraturan atau kebijaksanaan dan prosedur yang bertalian dengan manusia dari organi­ sasi tersebut saling berhubungan, dan memberikan sumbangan terhadap pen­ capaian tujuan organisasi, serta perencanaan strategis. Ketiga, kultur dan nilai organisasi, suasana organisasi dan perilaku manajerial yang berasal dari kultur tersebut akan memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pencapaian yang terbaik. Keempat adalah manajemen SDM berhubungan dengan integrasi, yaitu semua anggota organisasi tersebut terlibat dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Buku sederhana ini dibingkai dengan judul Manajemen Sumber Daya Manusia, dengan sub tema Membangun Tim Kerja  yang  Solid  untuk  Meningkatkan  Kinerja. Penekanan pada tim kerja dipandang perlu mengingat sekalipun pegawai sangat terampil, sangat berdisiplin, dan berkomitmen pada pekerjaannya, tetapi kinerja organisasi yang optimal tidak akan dapat dicapai jika hanya mengandalkan dirinya sendiri. Oleh sebab itu, manusia harus dapat bekerja sama dengan baik dalam tim kerja. Apabila tim kerja memiliki kinerja yang baik maka akan dengan sendirinya dapat meningkatkan kinerja organisasi.

Untuk lebih memahami pembahasan buku ini, telah dibagi dalam lima bagian. Bagian pertama disajikan Konsep Dasar Manajemen Sumber Daya Ma­ nusia  sebagai pengantar perihal pengelolaan SDM dalam organisasi. Bagian kedua  Perencanaan SDM  terdiri dari Analisis Jabatan yang akan membahas landasan persiapan SDM untuk melakukan perencanaan SDM sampai dengan pada pensiun. Kemudian dilanjurkan dengan Perencanaan SDM yang akan membahas kebu tuhan SDM secara komprehensit setiap devisi atau bagian hingga diperoleh kebutuhan pegawai secara menyeluruh dalam organisasi. Bagian ini akhiri dengan Rekrutmen dan Seleksi yang akan membahas prinsip, metode dan pelaksanaan rekrutmen, serta seleksi pegawai.



Belum ada Komentar untuk "Manajemen Sumber Daya Manusia Penulis: Prof. Dr. Lijan Poltak Sinambela"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel